PTK Bab I

Bapak dan ibu berikut ini sekedar petunjuk penulisan PTK Bab I agar bapak ibu tidak bingung apa yang akan ditulis. Penulisan PTK tidak harus seperti tulisan ini urutannya, tetapi dengan latihan seperti urutan ini akan membimbing untuk berani menulis.

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Rumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Penelitian

A. PENDAHULUAN
1. Menulis kondisi awal siswa
2. menulis kondisi awal peneliti
3. menulis kondisi akhir siswa (harapan) dan boleh merujuk buku
4. kondisi akhir peneliti
5. menulis masalahnya yakni masalah siswa
6. menulis masalah peneliti belum melakukan tindakan
7. menulis cara memecahkan masalah (perlu adanya tindakan
memanfaatkan X kel besar,dan kelompok kecil tuk meningkatkan Y
B. IDENTIFIKASI MASALAH
1. umumnya berbentk kalimat tanya (bersifat umum) tidak harus
dijawab
2. kalimat tanya minimal mengacu ke variabel Y
3. tidak perlu ditulis dalam alinea-alinea tapi numbering
4. tidak ada bullet

contoh.
1. Mengapa Y ……. rendah?
2. Mengapa Y2 …… rendah?
3. Mengapa Y perlu ditingkatkan
4. Faktor-faktor apa menyebabkan Y rendah?
5. Bagaimana caranya agar Y meningkat
6. Apa yang harus dilakukan guru agar Y dapat meningkat

C. PEMBATASAN MASALAH

Alinea 1 menulis masalah atau variable apa saja yang diteliti
Dalam penelitian ini peneliti hanya menuliskan …….Y1, Y2 dan X dapat …..
Alinea 2 menulis penjelasan Y1 menurut penulis (definisi operasional Y1 if kuantitatif)
Alinea 3 menulis penjelasan Y2
Alinea 4 menulis penjelasan X

D. RUMUSAN MASALAH

Umumnya berbentuk kalimat tanya, kalimat tanyanya terinci, harus dijawab (jawabannya di BAB II-5), kalimatnya mengacu ke X dan Y (X dgn Y1, X dgn Y2 dan X dan Y1,Y2)
Ex. Apakah melalui X meningkatkan Y1 bagi ……? (ada 3 kalimat)
Dapatkah Y1 dapat ditingkatkan …..?

E. TUJUAN PENELITIAN

1. Tujuan Umum
a. Untuk meningkatkan Y1 secara umum (luas dari obyek yang
diteliti)
b. Idem Y2
c. Idem Y1 dan Y2
2. Tujuan Khusus
a. Untuk meningkatkan Y1 melalui X bagi …… (terinci)
b. Idem Y2
c. Idem Y1 dan Y2

F. MANFAAT PENELITIAN
1. Manfaat bagi siswa
a. Meningkatnya Y1
b. Meningkatnya Y2
c. Meningkatnya Y1 dan Y2
2. Manfaat bagi guru
a. Dapat meningkatnya Y1 melalui X bagi …
b. Idem Y2
c. Idem Y1 dan Y2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s